Papan reklame crowdfunded di konferensi iklim dunia menyindir pemerintah Australia

koala-extinct

Ketika para pemimpin dunia seperti Joe Biden dan Boris Johnson turun ke Glasgow untuk menghadiri pertemuan iklim paling penting di dunia selama bertahun-tahun, mereka bisa saja bertatap muka dengan papan iklan yang dirancang oleh seorang komedian Australia.

Dan Ilic membeli ruang billboard seharga $ 12.225 dan dia melaksanakan penggalangan dana untuk membantu membayar billboard tersebut. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menyindir komitmen iklim dari pemerintah Australia.

“Hanya untuk memberi tahu orang-orang di Glasgow bahwa orang-orang di sana pada pembicaraan yang mewakili Australia, belum tentu mewakili warga Australia,” kata Ilic. Dua belas jam setelah meminta bantuan untuk membayar tagihan, dia menaikkan tujuannya dan hari ini angkanya mencapai lebih dari $65.000. “Saya agak harus mengubah ruang lingkup kampanye, sepertinya kita hampir dapat memproyeksikan papan iklan itu ke SEC Armadillo, yang merupakan pusat konferensi tempat COP diadakan,” katany.

Dia sudah memiliki dua desain billboard, satu dengan gaya iklan yang mempromosikan pariwisata ke Australia. “Kami punya satu yang mengatakan, ‘peluk koala sebelum kita membuatnya punah’,” kata Ilic. Papan reklame berikutnya bertuliskan, ‘Australia: emisi nol pada 2300’.”

Mr Ilic mengatakan ada beberapa kebenaran klaim terakhir, beberapa proyeksi mengatakan jika Australia tetap pada lintasan pengurangan emisi saat ini, tidak termasuk pengurangan yang direncanakan, akan memakan waktu 277 tahun untuk mencapai titik emisi nol.

Alasan utama Mr Ilic ingin memulai kampanye, adalah untuk membuat tertawa para peserta yang lelah di Glasgow. “Orang-orang ini lelah, mereka kesal dengan Australia. Pada konferensi iklim ini, Anda akan berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia tentang betapa kesalnya mereka dengan kurangnya tindakan Australia terhadap perubahan iklim.”

Perdana Menteri masih belum memutuskan apakah akan menghadiri konferensi
Pertemuan COP26 di Glasgow merupakan pertemuan terbaru dari konferensi Perubahan Iklim PBB, dengan COP mengacu pada Konferensi Para Pihak. Ini akan menjadi pertemuan paling signifikan sejak COP21 di Paris pada 2015, ketika Perjanjian Paris tentang perubahan iklim dibuat.

Perdana Menteri Scott Morrison masih belum memutuskan apakah dia akan menghadiri acara tersebut. Menteri Luar Negeri Marise Payne mengatakan pemerintah masih memutuskan siapa yang akan mewakili Australia di Glasgow.

“Ini adalah usaha yang signifikan, seperti yang Anda tahu itu melibatkan karantina domestik dua minggu juga, jadi tidak ada keputusan akhir yang dibuat,” katanya.

“Satu hal yang kami benar-benar berkomitmen, seperti yang telah kami katakan, adalah menetapkan rencana pengurangan emisi jangka panjang kami sebelum COP dan itulah yang menjadi fokus kami sebagai pemerintah.”

Opini publik mendukung tindakan, tetapi terbagi atas tindakan apa yang harus diambil

Warga Australia umumnya percaya harus ada tindakan terhadap perubahan iklim, kata Natasha Kassam, direktur Program Opini Publik dan Kebijakan Luar Negeri Lowy Institute.

“Sembilan dari 10 orang Australia setuju bahwa perubahan iklim adalah masalah dan kita perlu melakukan sesuatu untuk itu,” katanya.

“Di mana ada beberapa perbedaan adalah apa yang harus kita lakukan.”

Dia mengatakan sementara di masa lalu orang Australia khawatir tentang biaya tindakan itu, mayoritas sekarang khawatir tentang biaya kelambanan tindakan terhadap perubahan iklim.

Sekarang ada juga dukungan publik yang tinggi bagi pemerintah kita untuk berkomitmen pada target emisi nol bersih menjelang COP Glasgow.

“Mayoritas mengatakan bahwa posisi perubahan iklim kita buruk bagi reputasi kita dan 70 persen orang Australia mengatakan bahwa kita harus bergabung dengan negara lain seperti Inggris dan AS untuk meningkatkan komitmen kita dalam mengatasi perubahan iklim.”

Karena sumbangan terus mengalir, Ilic mengatakan dia berencana menggunakan dana ekstra untuk meluncurkan proyek yang dia sebut “JokeKeeper”.

“Ini akan menjadi komedi subversif untuk mengolok-olok partai dan politisi pendukung bahan bakar fosil untuk pemilihan federal mendatang.”

Dan dia tidak takut untuk membuat target yang besar. “Target akhirnya adalah $1 juta,” katanya.

Leave a comment