7 Fakta Uji Emisi Yang Wajib Anda Ketahui 

7 Fakta Uji Emisi Yang Wajib Anda Ketahui 

Uji emisi gas buang sangat penting karena memungkinkan Anda menentukan kondisi mesin kendaraan. Apabila Anda melakukan pengujian ini, maka Anda bisa mengetahui apakah bahan bakar kendaraan Anda boros atau tidak. Disisilain, uji emisi memberikan Anda keuntungan untuk memelihara kendaraan dengan mengetahui kondisi serta pengapian mobil.

Berikut adalah penjelasan mengenai 7 Fakta Uji Emisi Yang Wajib Anda Ketahui saat melakukan pengujian emisi gas buang mobil.

1. Kadar atau kandungan CO (karbon monoksida), HC (hidrokarbon), CO2 (karbon dioksida), O2 (oksigen) dan NO (nitrogen) diukur dan dianalisis menggunakan alat uji gas buang (nitrogen oksida).

2. Harap diperhatikan bahwa saat melakukan uji emisi, mesin mobil harus dalam keadaan hangat atau pada suhu operasi dan pengujian harus dilakukan saat mobil dalam keadaan idle tanpa beban (AC, radio, lampu, dll. mati).

3. Setelah peralatan pengujian gas buang menampilkan jumlah kandungan CO, HC, CO2 dan Lambda yang paling stabil, data diambil atau dicetak.

4. Kelebihan CO dapat menunjukkan pembakaran yang tidak sempurna karena kurangnya udara dalam campuran udara-bahan bakar. Nilai ambang batas untuk CO adalah 1,5 persen, jadi semakin rendah angka CO semakin baik.

5. Sebaliknya, HC menunjukkan bahan bakar yang tidak terbakar. Nilai ambang batas HC, seperti CO, adalah 2%, maka semakin sedikit HC, tentu akan semakin baik.

6. Konsentrasi O2 adalah informasi lain yang diberikan dalam laporan Alat Uji Emisi. Bila kadar oksigen dalam produk pembakaran terlalu tinggi, ini menandakan adanya kebocoran pada sistem pembuangan mobil. Ambang batas kandungan oksigen ditetapkan sebesar 1%.

7. Lambda adalah titik data terakhir dalam hasil uji emisi. Lambda menunjukkan rasio campuran udara-bahan bakar yang ideal di mesin, di mana nilai 1 adalah ideal. Lambda biasanya diukur antara 0,980 dan 1,2, dan nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah menunjukkan bahwa campuran tersebut tidak sesuai.

Uji Emisi

Jika Anda segera melakukan uji emisi, ada 6 manfaatnya yang akan Anda peroleh. Tanpa disadari, manfaat tersebut membuat kendaraan Anda menjadi lebih irit. Berikut manfaat lainnya, yaitu: 

  • Analisis kandungan CO2 dan HC pada gas buang dapat digunakan untuk memperkirakan efisiensi proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil.
  • Uji emisi membantu menyempurnakan kombinasi udara dan bahan bakar.
  • Performa mesin mobil yang Anda gunakan dapat ditentukan untuk melihat apakah dalam keadaan baik dan dapat diandalkan.
  • Kurangi konsumsi bahan bakar sambil mempertahankan performa kendaraan.
  • Anda bisa mendapatkan lingkungan yang sehat dengan udara yang bersih.
  • Bagian mesin mobil yang mengalami kerusakan dapat dikenali.

Demikianlah manfaat yang dapat Anda rasakan ketika melakukan uji emisi. Tak ada salahnya dan saat ini memang sudah diwajibkan juga untuk mengecek kelayakan kendaraan Anda

Leave a comment