Ukuran Truk Kontainer Paling Besar Dan Menguntungkan, Berikut 6 Jenis Truk Lainnya!

Ukuran Truk Kontainer Paling Besar Dan Menguntungkan, Berikut 6 Jenis Truk Lainnya!

Truk adalah salah satu alat transportasi yang paling umum untuk mengangkut produk. Truk kontainer adalah transportasi yang kerap digunakan. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen, ukuran truk kontainer cukup bervariasi.

Pelanggan yang mencari jasa sewa truk kontainer seringkali dibingungkan dengan berbagai jenis dan ukuran truk tersebut. Mereka harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan jenis truk yang sesuai untuk produk yang akan dimuat agar sesuai dengan ukuran truk kontainer.

Truk kontainer adalah salah satu alat transportasi yang cukup besar yang mengangkut peti kemas. Peti kemas adalah wadah untuk menyimpan dan memuat barang-barang berat. Kelebihan kontainer adalah mudah beradaptasi dan dapat diangkut atau dikirim ke mana saja. Karena peti kemas tidak memiliki roda atau mesin, maka peti kemas harus dipasang ke trailer.

Ukuran Truk Kontainer Diklasifikasikan Menjadi Tiga Jenis berdasarkan ukurannya yaitu kontainer 20 feet, 40 feet, dan high cube. Ukuran truk kontainer untuk 20 feet dan 40 feet adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Truk Kontainer 20 Feet

Sebuah kontainer 20 feet berukuran panjang 5,9-6,2 meter, lebar 2,3-2,6 meter, dan tinggi 2,5-2,7 meter. Sementara, kendaraan ini mampu mengangkut kargo hingga 20 ton.

  • Truk Kontainer 40 Feet

Karena truk kontainer 40 feet memiliki interior yang lebih besar daripada ukuran kontainer 20 feet, truk ini memiliki kapasitas muat yang lebih besar. Dimensi panjang 12-12,3 meter serta lebar 2,3-3,6 meter.

Truk Kontainer

Di bawah ini adalah beberapa daftar berbagai jenis truk yang tersedia di pasaran. Truk datang dalam berbagai ukuran dan kapasitas, termasuk truk kontainer, truk derek, truk tuang, truk pickup, dan sebagainya. Transportasi ini dapat dibedakan berdasarkan jumlah roda, ukuran bak truk dan kapasitas beban, antara lain:

1. Truk pickup

Pickup adalah ukuran truk yang paling kecil. Hanya ada dua as dan empat roda di truk ini. Alhasil, meski nama truk pikap jarang disebut di Indonesia, ada mobil pikap, entah itu mobil pikap, box atau big max. Tangki pikap ini biasanya berukuran panjang 2-3 meter, lebar 1-1,8 meter, dan tinggi 1-1,8 meter. Dengan kapasitas berat maksimal 1-2 ton.

2. Trailer truk

Trailer adalah alat angkut tidak bermotor yang ditarik di belakang kendaraan bermotor (truk). Karena trailer ini dirancang khusus untuk membawa benda atau material yang besar dan berat, maka trailer ini disebut sebagai trailer barang. Kapasitas bebannya bervariasi antara 20 dan 60 ton.

3. Truk Fuso

Truk Fuso merupakan jenis truk engkel yang mirip dengan truk Colt Diesel Double (CDD), namun dengan kapasitas berat 7 hingga 15 ton. Sedangkan truk engkel Fuso biasa berukuran panjang 6-7 meter, lebar 2,2-3 meter, dan tinggi 2-2,5 meter. Fuso ini biasa digunakan sebagai kendaraan niaga truk ringan dan sedang.

4. Truk Tronton

Bak truk tronton lebih besar dari pada engkel truk Fuso, berukuran panjang 7-9 meter. Sedangkan truk tronton memiliki kapasitas untuk mengangkut kargo dalam jumlah besar dengan berat maksimal 10 ton.

Truk tronton ini, seperti halnya truk colt diesel, sering dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tanker dan dump truck, misalnya, telah dimodifikasi untuk menampung sistem pemipaan, memungkinkan mereka untuk bekerja secara independen selama proses pembongkaran.

5. Truk Wingbox

Truk bersayap kotak cukup populer di kalangan masyarakat umum karena menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki truk jenis lain. Salah satu keunggulannya adalah sayap truk sayap dapat dibuka penuh di tiga sisi (sisi kanan, kiri dan belakang) untuk mempercepat bongkar muat.

Wing truck ini memiliki panjang 8,8 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,1 meter. Truk Wingbox memiliki kapasitas muat 32-36 ton.

Leave a comment